TELAAH KURIKULUM
BIOLOGI
KURIKULUM 1994
PENDEKATAN CBSA
Oleh Kelompok 2:
Di susun oleh:
Kelompok 2
1.
Amalia
Utami (1522220027)
2.
Dimas
Lukito (1522220029)
3.
Imelda (1522220031)
4.
Inda
Permata Sari (1522220033)
5.
Julia
Afifah (1522220035)
6.
Laila
Kartini (1522220037)
7.
Megawati (1522220039)
Dosen Pembimbing :
Dra. Risnurwaty, Msi
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS ILMU TARBIYAH
DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM
NEGERI (UIN) RADEN FATAH
PALEMBANG
2017
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan
kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan rahmat, karunia, serta taufik dan
hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan makalah tentang Kurikulum 1994 Pendekatan CBSA
ini pada tepat waktu meskipun banyak kekurangan didalamnya. Dan juga kami
berterima kasih pada Ibu Dra. Risnurwaty, Msi selaku Dosen mata kuliah Telaah
Kurikulum Biologi yang telah memberikan tugas kepada
kami.
Kami sangat berharap makalah ini dapat berguna dalam menambah wawasan
serta pengetahuan kita mengenai kurikulum yang pernah ada di Indonesia. Kami
juga menyadari sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan
jauh dari kata sempurna. Oleh sebab itu, kami berharap adanya kritik dan saran yang
membangun demi perbaikan makalah yang akan datang. Semoga makalah ini dapat
dipahami bagi siapapun yang membacanya.
Penyusun
|
DAFTAR
ISI
Kata
Pengantar............................................................................................... i
Daftar
Isi........................................................................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................ 1
A. Latar
Belakang................................................................................... 1
B. Rumusan
Masalah.............................................................................. 2
C. Tujuan................................................................................................. 2
BAB
II PEMBAHASAN.............................................................................. 4
A. Latar
Belakang Diberlakukannya Kurikulum 1994............................ 4
B. Karakteristik
Kurikulum 1994............................................................ 6
C. Ciri-ciri
Kurikulum 1994.................................................................... 6
D. Tujuan
Kurikulum 1994..................................................................... 7
E. Proses
Pembelajaran........................................................................... 8
F. Cara
Penilaian dalam Kurikulum 1994............................................... 8
G. Program
Pengajaran Biologi SLTP & SMU pada Kurikum 1994...... 9
H. Kelebihan
dan Kekurangan Kurikulum 1994..................................... 11
I. Seputar
Permasalahan Kurikulum 1994............................................. 12
J. Pengertian
Pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)................ 14
K. Dasar-dasar
Pemikiran pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif) 15
L. Hakikat
Pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).................... 17
M. Prinsip-prinsip
Pendekatan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).......... 18
N. Rambu-rambu
CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).............................. 19
O. Pendekatan
CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif).................................. 22
P. Kelebihan
dan Kekurangan CBSA (Cara Belajar Siswa Aktif)......... 23
BAB
III PENUTUP...................................................................................... 24
Kesimpulan.............................................................................................. 24
|
No comments:
Post a Comment